Bagus untuk Diet, Ini Manfaat Minum Segelas Air saat Bangun Tidur

Manfaat Minum Air saat Bangun Tidur
Manfaat Minum Air saat Bangun Tidur

Dalam tubuh manusia terdiri atas 50-80% cairan, jadi air merupakan salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Minum air pada saat bangun tidur juga berpengaruh untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh, mengeluarkan racun dalam tubuh, sampai melancarkan sistem pencernaan. 

Hanya dengan mengkonsumsi segelas atau dua gelas air dapat mencegah dehidrasi, dan salah satu waktu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan air dalam satu hari adalah di pagi hari setelah tubuh kita beristirahat 8-10 jam. 

Ini adalah beberapa manfaat minum segelas air putih pada saat bangun tidur : 

Membuang racun dari tubuh 

Pada saat kita meminum air pada saat bangun tidur, air akan membantu mengeluarkan racun tubuh pada saat kita tertidur yang nantinya akan disaring oleh ginjal dan keluar bersama urine. 

Menambah energi
Air yang dikonsumsi pada saat bangun tidur dapat mengisi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh yang berkurang pada saat malam hari. Hal ini dapat mengurangi resiko dehidrasi yang menyebabkan tubuh menjadi lelah dan pusing. 

BACA JUGA : Kolagen dalam Minuman: Tren Terbaru untuk Kesehatan Kulit, Namun Seberapa Aman?

Menjaga kinerja mental dan emosional
Asupan air yang cukup juga cukup mempengaruhi suasana hati, apabila kekurangan air dapat memberikan efek negatif terhadap suasana hati. Selain itu dengan mengkonsumsi di pagi hari dapat meningkatkan ketajaman mental. Dehidrasi ringan dapat dikaitkan dengan kehilangan ingatan dan konsentrasi jangka pendek. 

Meningkatkan metabolisme tubuh
Pada saat air mengisi perut yang kosong di pagi hari, metabolisme tubuh dapat meningkat hingga 25% sehingga tubuh kita menjadi lebih berenergi dan lebih nyaman untuk beraktivitas. 

Mengurangi keinginan makan
Minum air pada saat bangun tidur juga dapat meredam rasa lapar dan sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Rasa haus dan lapar terkadang sulit untuk dibedakan sehingga tak jarang ada keinginan untuk ngemil. Dengan mengkonsumsi air dapat meredam perut keroncongan dan mengurangi keinginan untuk makan. 

Latest Article