Women From Rote Island, Film Terbaik FFI Tayang 22 Februari

Cuplikan film Women from Rote Island. (Sumber gambar: Bintang Cahaya Sinema)
Cuplikan film Women from Rote Island. (Sumber gambar: Bintang Cahaya Sinema)

Women from Rote Island akan tayang di bioskop pada 22 Februari 2024. Juara umum Piala Citra 2023 itu akhirnya tayang di layar lebar setelah menyambangi beberapa festival internasional. 

Kabar perilisan tersebut diumumkan lewat akun media sosial resmi Bintang Cahaya Sinema selaku rumah produksi film Women from Rote Island. 

Pengumuman tersebut itu disertai dengan poster film Women from Rote Island yang menampilkan aktris Irma Rihi sebagai Martha, sang pemeran utama. Dia tampak terkurung di sebuah ruangan gelap dan sempit, dengan rantai yang mengikat talinya.  

“Setelah diputar di berbagai festival film dan memenangkan Piala Citra FFI, Woman from Rote Island kini bisa disaksikan mulai 22 Februari 2024 di bioskop seluruh Indonesia,” tulis rumah produksi tersebut di akun resmi instagramnya 

Film ini pertama kali tayang secara global di Busan Internasional Film Festival pada 7 Oktober 2023. Film tersebut juga sempat menyambangi Jakarta Film Week 2023 dan Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) 2023. 

Di ajang FFI yang berlangsung pada 14 November 2023, Women from Rote Island masuk ke dalam empat nominasi dan memenangkan seluruh kategori tersebut, yaitu sebagai Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik dan Penulis Skenario Terbaik untuk Jeremias Nyangoen, serta Pengarah Sinematografi Terbaik untuk Josep Christoforus Fofid 

Film itu mengisahkan Orpha (Linda Adoe) yang suaminya baru meninggal dunia. Hal itu membuatnya kini tinggal bersama tiga anak perempuannya. 

Orpha kini juga berhadapan dengan diskriminasi dan tradisi turun temurun yang membuat perempuan selalu menjadi gender kedua, di bawah laki-laki, dan menjadi korban kekerasan. Film tersebut mengambil latar di Pulau Rote dan menampilkan kerasnya kehidupan di sana yang begitu kontras dengan keindahan alam dan sumber dayanya. 

Latest Article