Kebiasaan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Meningkatkan Kesehatan Mental
Quiet and relax. Self-analysis and sensitivity. Pretty girl practicing yoga outdoors. Beauty in nature, wellness and vitality, life balance.

Selain kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga penting. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Ada banyak penyebab masalah kesehatan mental dan pengalaman individu berbeda-beda. Oleh karena itu, kesehatan mental merupakan subjek yang sulit dan kompleks. Meskipun setiap orang mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda, membangun kebiasaan sehat dapat membantu menjaga atau meningkatkan kesehatan mental.

“Kesehatan mental adalah tentang fungsi otak dan segala dampaknya,” kata Oludara Adeeyo, pekerja sosial psikiatris dan penulis Self-Care for Black Women. Singkatnya, kesehatan mental mencakup kesejahteraan psikologis dan sosial. Ini juga mencakup kesehatan emosional, kemampuan memberi nama, menangani, dan mengatur emosi Anda.

Menurut Healthline, menjaga kesehatan mental memiliki banyak manfaat: Meningkatkan mood, mengurangi kecemasan, berpikir lebih jernih, memiliki hubungan lebih dalam, meningkatkan self-esteem dan kepercayaan diri.

Menjaga kesehatan mental juga dapat membantu mencegah sejumlah masalah kesehatan yang dapat diperburuk oleh stres, salah satunya penyakit jantung.

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa kebiasaan yang bisa meningkatkan kesehatan mental.

1. Berpikir Positif dan Perbanyak Bersyukur

Ingatlah bahwa ada hal-hal dalam hidup Anda yang perlu disyukuri dan sama pentingnya dengan makan sehat dan berolahraga. Rasa syukur adalah cara yang bagus untuk membangun pola pikir positif ketika hidup membuat Anda sedih. Luangkan waktu setiap hari untuk memikirkan hal-hal positif dalam hidup dan tuliskan sehingga Anda dapat merujuknya kembali. Memiliki pandangan hidup yang positif, bahkan di saat-saat tergelap sekalipun, dapat sangat membantu kesehatan mental Anda.

2. Jalin dan Kuatkan Hubungan Sosial

Memiliki hubungan yang kuat dan membawa pengaruh baik ke dalam hidup Anda juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Ada banyak cara dalam hidup untuk memperkuat hubungan sosial, seperti berteman, tetap berhubungan baik secara tatap muka atau melalui whatsapp, atau mengatur pertemuan rutin dengan orang-orang terkasih.

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan tertentu juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Untuk meningkatkan kesehatan mental Anda, cobalah memperluas pola makan Anda saat ini dengan memasukkan makanan yang mengandung nutrisi suasana hati, seperti: buah beri pisang kacang polong gandum ikan berlemak seperti salmon Selain itu, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup. “Saat Anda mengalami dehidrasi, otak dan tubuh Anda tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk bertahan hidup dan berfungsi pada tingkat optimal,” kata Adeeyo.

4. Aktif bergerak

Menurut Utah State University, salah satu cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan mental Anda adalah dengan aktif. Berdasarkan berbagai penelitian, ditemukan bahwa olahraga teratur tidak hanya membantu kebugaran fisik, tetapi juga mengatasi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

5. Tidur yang Cukup

Tidur tidak hanya berkaitan dengan kesehatan fisik, namun juga berperan dalam menjaga kesehatan mental. Sebuah studi CDC tahun 2021 menemukan bahwa orang yang tidur rata-rata 6 jam atau kurang per malam memiliki kemungkinan 2,5 kali lebih besar mengalami gangguan kesehatan mental dibandingkan mereka yang rata-rata tidur lebih dari 6 jam. Untuk menjaga kualitas tidur, mulailah dengan menghindari kafein setelah jam 3 sore. Usahakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, ciptakan suasana tenang dan nyaman di kamar tidur serta jaga suhu ruangan tetap sejuk saat Anda tidur.

6. Kurangi Bermedia Sosial

“Terus menerus mengonsumsi informasi tentang kehidupan orang lain dapat membuat seseorang membandingkan dirinya sendiri dan menimbulkan perasaan rendah diri sehingga meningkatkan perasaan cemas dan depresi,” kata Adeeyo. Jika Anda ingin menghabiskan lebih sedikit waktu di media sosial, cobalah: Simpan ponsel Anda di laci atau di luar kamar tidur, Buatlah daftar tindakan alternatif yang lebih masuk akal untuk menggantikan tindakan roll Anda, Matikan notifikasi atau hapus aplikasi media sosial.

7. Nikmati Terbitnya Matahari

Matahari adalah sumber vitamin D terbaik, dan penelitian menunjukkan bahwa matahari juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Jika cuaca di luar bagus, tidak ada salahnya keluar dan menikmati sinar matahari pagi selama lima menit. Itu baik untuk hati dan pikiran Anda. Namun, jika hari Anda terasa sibuk, Anda bisa berjalan-jalan sebentar, duduk di halaman, atau sekadar membuka jendela di dekat tempat kerja Anda.

Inilah 7 kebiasaan baik yang dapat meningkatkan kesehatan mental Anda. Semoga membantu.

Latest Article