Kolagen dalam Minuman: Tren Terbaru untuk Kesehatan Kulit, Namun Seberapa Aman?

Kolagen dalam Minuman: Tren Terbaru untuk Kesehatan Kulit, Namun Seberapa Aman?
Kolagen dalam Minuman: Tren Terbaru untuk Kesehatan Kulit, Namun Seberapa Aman?

Minuman kolagen atau minuman kolagen semakin mudah diakses dan banyak dijual. Banyak orang percaya bahwa minuman suplemen ini dapat merawat penampilan kulit dari dalam, membuat kulit tampak sehat dan glowing. Selain itu, banyak influencer dan penggemar kecantikan mempromosikan berbagai merek minuman kolagen sebagai cara untuk merawat kecantikan internal atau kecantikan dari dalam.

Namun, apakah sering minum minuman kolagen aman? Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen kolagen setiap hari memiliki manfaat yang konsisten dan tidak ada efek samping, menurut Health.

Konsumen biasanya mengalami peningkatan kesehatan, termasuk penampilan kulit, setelah mulai mengonsumsi minuman kolagen ini. Ini karena kolagen merupakan bahan utama jaringan ikat kulit, jadi pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar dan tidak terlalu banyak.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Jakarta (Mustikaningrum dan Rosalina, 2021) menemukan bahwa setiap orang yang menjawab bahwa mereka pernah minum minuman kolagen mengatakan bahwa produk tersebut bekerja dengan baik dan menawarkan manfaat yang dijanjikan.

Baca Juga : Lebih Sehat dan Bugar: Apa yang Terjadi Saat Anda Kurangi Gula?

Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengonsumsi minuman kolagen. Mereka yang memiliki alergi makanan tertentu tidak boleh mengonsumsi beberapa produk minuman kolagen. Selain itu, ibu hamil dan ibu menyusui harus berkonsultasi dengan obgyn mereka sebelum mengonsumsi minuman kolagen.

Sangat penting juga untuk memastikan bahwa minuman kolagen yang akan Anda konsumsi telah terdaftar BPOM. Ini dilakukan untuk mengurangi kemungkinan membeli produk yang tidak berkualitas.

Latest Article