Garuda Muda Taklukkan Thailand, Indonesia Juara AFF U-19 2024

Garuda Muda Taklukkan Thailand, Indonesia Juara AFF U-19 2024
Garuda Muda Taklukkan Thailand, Indonesia Juara AFF U-19 2024

Setelah mengalahkan Thailand 1-0 pada laga final Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) di Surabaya, Senin (29/7). Jens Raven mencetak gol semata wayang Indonesia.

Sejak menit pertama, Indonesia tampil menekan, sementara Thailand bisa mengembangkan permainan setelah menit ketujuh.

Di menit kelima belas, tembakan keras Thanawut Phochai mengancam gawang Indonesia, tetapi masih membentur tiang kiri gawang Indonesia.

Menit ke-17, Indonesia mengancam. Namun, umpan cut back Arlyansyah Abdulmanan kepada Muhammad Kafiatur masih bisa dipotong oleh bek Thailand, menyebabkan sepak pojok.

Di menit ke-18, Indonesia berhasil membobol gawang Thailand melalui sontekan Jens Raven. Kemudian, Kadek Arel meneruskan sundulan setelah Muhammad Kafiatur menanduk sepak pojok.

Di menit ke-37, pemain Thailand Piyawat Petra melepaskan tendangan bebas yang mengenai gawang kanan Indonesia. Beruntung, kiper Indonesia Ikram Alghifari sudah “mati” langkah saat bola mengenai tiang.

Pada menit ke-43, Thailand kembali mengancam gawang Indonesia dengan tembakan Thanawut Phonchai, tetapi Ikram Alghifari menghentikannya.

Di menit ke-44, M Riski Afrisal dilanggar Siradanai Phosri di depan kotak penalti Thailand, memberi Indonesia tendangan bebas. Toni Firmansyah melakukan tendangan bebas, tetapi kiper Thailand menangkapnya.

Tidak ada gol lagi hingga babak pertama berakhir. Babak pertama berakhir dengan Indonesia unggul 1-0 atas Thailand.

Indonesia kembali menyerang pada awal babak kedua, tetapi pemain mereka sering melakukan kesalahan saat mereka mendekati kotak penalti Thailand, membuang peluang.

Namun, belum ada ancaman signifikan dari Thailand di awal babak kedua, meskipun mereka berusaha untuk bertindak dengan santai dan membangun serangan dengan perlahan.

Thailand mampu menguasai permainan dari menit ke-60 hingga ke-70, sementara Indonesia lebih banyak menyerang melalui serangan balik.

Di menit ke-80, bek Thailand Singha Marasa melepaskan percobaan tembakan dari luar kotak penalti, tetapi tembakannya masih melambung di atas mistar gawang Indonesia.

Pada menit ke-86, tembakan gelandang Thailand Paripan Wongsa mengarah ke penjaga gawang Indonesia Ikram Alghifari.

Pada menit ke-90+2, wasit sempat membuat keputusan kontroversial setelah pemain Thailand Jhetsaphat Kuanantanom membanting bola setelah dinyatakan pelanggaran terhadap Arlyansyah. Namun, dia tidak menerima kartu kuning.

Baca Juga : Indonesia dan Thailand Siap Berlaga di Final Piala AFF U19 2024

Tidak ada gol lagi hingga pertandingan berakhir. Indonesia memenangkan Piala AFF U-19 2024 dengan kemenangan 1-0 atas Thailand.

Ini adalah gelar kedua Indonesia di Piala AFF U-19 setelah Timnas Indonesia U-19 yang dijuarai oleh Indra Sjafri pada edisi 2013.

Latest Article