Indonesia Pesta Gol, Taklukan Filipina 6-0 di Piala AFF U-19 2024

Indonesia Pesta Gol, Taklukan Filipina 6-0 di Piala AFF U-19 2024 | Sumber Gambar: detiksport.com
Indonesia Pesta Gol, Taklukan Filipina 6-0 di Piala AFF U-19 2024 | Sumber Gambar: detiksport.com

Timnas U-19 Indonesia mengalahkan Timnas Filipina dengan skor 6-0 di Turnamen ASEAN U-19 Boys Championship, pada 17 Juli 2024. Indonesia bermain dengan sabar pada awal pertandingan, dan Filipina yang bermain di kandang Indonesia juga tidak bermain bertahan. Pada menit kedelapan Indonesia mengancam melalui akselerasi Dony Tri Pamungkas yang gagal menjadi peluang berbahaya.

Menit ke-12 Arlyansyah Abdulmanan mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 1-0, dan membuat pendukung Indonesia bersorak. Bola dikirim ke mulut gawang oleh Riski Afrisal dan Dony, yang langsung dicocor oleh Arlyansyah. Indonesia terus menyerang meskipun hanya unggul satu gol. Tidak ada jaminan bahwa Afrisal dan Arlyansyah dapat berkembang dari sayap. Pada menit ke-21, Garuda Muda mencetak gol keduanya.

Iqbal Gwijangge menanduk bola tanpa kontrol menggunakan umpan crossing Muhammad Mufli Hidayat. Indonesia unggul 2-0. Pada menit ke-25, Arkhan Kaka hampir menambah keunggulan Indonesia. Dia merebut bola dari pemain Filipina dan kemudian melepaskan tembakan yang membentur gawang. Pada pertengahan babak pertama, Indonesia terus mencetak gol. Setelah Iqbal, Kadel Arel mencetak gol ke gawang Filipina sebagai tanggapan atas sepak pojok Figo Dennis.

Jumlah gol menjadi 3-0. Indonesia hampir mengontrol jalannya babak pertama dan mengontrol permainan atas Filipina. Pada menit ke-40, Indonesia memiliki peluang lagi. Kiper Filipina Castro Cesar Inigo berhasil mencegah tembakan keras Afrisal dari luar kotak penalti. Iqbal mencetak dua gol dalam laga ini tiga menit sebelum turun minum. Bek tengah jebolan Piala Dunia U-17 2023 itu menyelesaikan masalah dengan sundulan Alfharezzi Buffon dengan tap in 4-0, yang membuat Indonesia semakin jauh. Babak pertama berakhir dengan skor 4-0. Timnas U-19 masih mendominasi permainan di babak kedua. Bab kedua baru berjalan lima menit, dan Arlyansyah Abdulmanan mencetak gol lagi. Arly akhirnya bisa menyelesaikan umpan silang Dony Tri Pamungkas dengan baik.

Baca Juga: INDRA SJAFRI TETAPKAN SQUAD FINAL TIMNAS INDONESIA UNTUK PIALA AFF U-19

Pada awal babak kedua, Indonesia memimpin dengan skor 5-0. Setelah Indonesia mencetak gol kelima, permainan berhenti. Filipina berusaha untuk mengambil alih dan mempertahankan dominasi bola. Meskipun demikian, upaya anak asuh Josep Ferre itu tidak berhasil mengalahkan pertahanan Indonesia. Pada menit ke-63, gelandang Filipina melakukan tembakan ke gawang. Bola tersebut berhasil diselamatkan oleh kiper Ikram Algiffari yang masih sigap. Segera setelah itu, Indonesia menanggapi. Rizdjar Nurviat menyambut umpan tarik Toni Firmansyah dengan tendangan kencang yang ditepis kiper Filipina Castro Cesar Inigo.

Timnas U-19 Indonesia menurunkan tekanan ke pertahanan Filipina di pertengahan babak kedua. Filipina kehilangan peluang lima menit sebelum bubaran. Sangat beruntung bagi Algiffari karena dia mampu menahan sepakan penyerang Filipina. Sebaliknya, Garuda Muda berhasil mencetak gol lagi dalam tiga menit terakhir. Timnas U-19 Indonesia menang 6-0 atas Filipina. Dengan hasil ini, Indonesia berada di puncak klasemen Grup A Piala AFF U-19 2024 dengan poin 3, sama dengan Timor Leste, tetapi unggul gol lebih banyak.

Latest Article