Berjuang Dengan 10 Pemain, Indonesia vs Australia 3-5 di Piala AFF U-16 2024

Berjuang Dengan 10 Pemain, Indonesia Kalah 3-5 Dari Australia di Piala AFF U-16 2024. Sumber Gambar : RRI
Berjuang Dengan 10 Pemain, Indonesia Kalah 3-5 Dari Australia di Piala AFF U-16 2024. Sumber Gambar : RRI

Timnas Indonesia U-16 harus mengakui kemenangan Australia di babak semifinal ASEAN U-16 Boys Championship 2024 atau Piala AFF U-16 2024. Laga Indonesia vs Australia pada Senin malam WIB (1/7/2024) berakhir dengan skor 3-5.

Tiga gol Indonesia dicetak Muhammad Zahaby Gholy (4′, 45+5′) dan Josh Holong (90+2′). Sementara lima gol Australia dicetak Amlani Tatu (24′, 66′), Quinn Macnicol (45+3′), dan Anthony Didulica (71′, 86′). Hasilnya, Australia akan menghadapi Thailand di final Piala AFF U-16 2024, sedangkan Indonesia gagal mempertahankan gelarnya.

Indonesia mencetak gol pertama pada menit keempat ketika Muhammad Zahaby Gholy menyundul bola umpan Mathew Ryan Baker. Australia nyaris menyamakan skor pada menit ke-13 saat Jordan Graoroski berhadapan satu lawan satu dengan kiper Muhammad Nur Ichsan. Namun, tendangan Graoroski di blok oleh Ichsan. Australia kemudian mencetak gol melalui tendangan bebas Amlani Tatu pada menit ke-24.

Indonesia harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-28 setelah Raihan Apriansyah mendapat kartu kuning kedua dan diganjar kartu merah. Pada menit ke 45+3′ Australia memimpin berkat Quinn Macnicol. Gol tersebut bermula dari tendangan Alexander Jesse Bolton, namun bisa di blok oleh Ichsan. Namun, bola mendarat di kaki Quinn Macnicol yang langsung melepaskan tembakan ke arah gawang.

Beberapa saat kemudian, Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Lemparan ke dalam Fabio disambut sundulan kepala pemain Australia, dan bola jatuh ke kaki kiper di luar kotak penalti. Sang kiper langsung melepaskan tembakan jauh yang membentur gawang Australia, namun tak mampu dicegah kiper Jai Ajanovic.

Amlani Tatu kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-66. Umpan panjang disundul oleh Mathew Ryan Baker, namun karena ayunan Mathew kurang sempurna, bola melambung dan tendangan Tatu mengarah ke sudut kanan gawang.

Baca Juga : HASIL AFF U-16 2024 : INDONESIA JATUHKAN LAOS 6-0

Indonesia kebobolan gol keempatnya pada menit ke-71. Tatu menerima bola di sisi kanan kotak penalti. Dia mengoper bola kepada Anthony Didulica, berlari ke depan gawang, dan dengan percaya diri melepaskan tembakan ke gawang.

Josh Holong mendapat peluang besar pada menit ke-82 setelah Jai Ajanovic gagal mencegat tembakan Fandi Ahmad. Beberapa saat kemudian, Indonesia kembali kebobolan melalui sundulan Didulica. Di masa tambahan waktu, Josh Holong menerima tendangan bebas dari Fandi Ahmad dan menyundulnya dengan membelakangi gawang.

Tidak ada gol yang tercipta setelah itu, dan pertandingan berakhir dengan kemenangan atas Australia dengan skor 3-5.

Latest Article