Usung Vinyl Ramah Lingkungan, Coldplay Akan Rilis Album Baru

Coldplay Akan Rilis Album Baru, Usung Vinyl Ramah Lingkungan | Sumber: cosmopolitan.co.id
Coldplay Akan Rilis Album Baru, Usung Vinyl Ramah Lingkungan

Coldplay akan merilis album terbarunya “Moon Music” pada 4 Oktober 2024 mendatang. Moon Music merupakan album ke-sepuluh Coldplay, dan rilisan terbaru band ini setelah Music of the Spheres (2021).

Kabar perilisan ini dikonfirmasi oleh Coldplay melalui pengumuman  di media sosial dan situs resmi band rock tersebut. Dalam pengumuman tersebut, Coldplay juga membagikan poster resmi album Moon Music. Poster album tersebut menggambarkan potret langit biru dengan pancaran warna-warni  menyerupai bentuk bulan sabit.

Moon Music menjadi album pertama di dunia yang dirilis dengan berat 140g EcoRecord LP, dengan setiap salinan dibuat dari 9 botol plastik PET daur ulang yang diambil dari limbah pasca-konsumen. Proyek ini melanjutkan komitmen Coldplay terhadap isu lingkungan. Komitmen ini ditunjukkan melalui produksi rilisan fisik Moon Music dengan menggunakan botol plastik daur ulang dari sampah. Bahan produksi yang dilepaskan secara fisik bertujuan untuk mencegah produksi lebih dari 25 ton plastik murni dan mengurangi emisi dalam proses produksi sebesar 85 persen dibandingkan dengan produksi vinyl tradisional.

Baca Juga : NewJeans Satu-satunya idol K-Pop di Billboard 21 Under 21

Perilisan Moon Music juga diawali dengan single pertama “feelslikeimfallinginlove” yang akan dirilis pada Jumat, 21 Juni hari ini. Sementara itu, Moon Music kembali diproduseri oleh Max Martin. Sebelumnya ia juga memproduseri album Music of the Spheres (2021) yang dipopulerkan dengan lagu “Higher Power to My Universe”. Martin juga mengisyaratkan proyek ini beberapa kali tahun lalu. Pada Januari 2023, Martin mengatakan bahwa Coldplay hampir menyelesaikan album kedua dalam seri Music of the Spheres. Ia juga mengatakan Coldplay mungkin akan membawakan lagu-lagu terbarunya secara live di berbagai konser.

Sementara itu, Coldplay telah merilis sembilan album sejak debut mereka pada akhir tahun 1990-an. Band ini pertama kali menjadi terkenal ketika mereka merilis album Parachute (2000), yang menampilkan single hit seperti Yellow dan Sparks. Mereka telah merilis beberapa album hit selama 30 tahun terakhir. Diantaranya ada, “A Rush of Blood to the Head” (2002), “X&Y” (2005), “Mylo Xyloto” (2011), “A Head Full of Dreams” (2015), “Music of the Spheres” (2021).

Latest Article