Rifda Irfanaluthfi, Atlet Senam Artistik Indonesia Pertama Lolos Olimpiade Paris 2024

Rifda Irfanaluthfi, Atlet Senam Artistik Indonesia Pertama Lolos Olimpiade Paris 2024
Rifda Irfanaluthfi, Atlet Senam Artistik Indonesia Pertama Lolos Olimpiade Paris 2024

Rifda Irfanaluthfi berhasil menorehkan sejarah dengan menjadi pesenam artistik Indonesia pertama yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli hingga 11 Agustus.

Rifda sukses mendapatkan tiket mengikuti Olimpiade Paris 2024. Kesuksesan itu kini menjadi sejarah bagi dunia senam artistik di Indonesia. Rekornya, Rifda menjadi pesenam Indonesia pertama yang berlaga di ajang olahraga dunia tersebut. Pada edisi-edisi sebelumnya, belum ada pesenam Indonesia yang mampu lolos ke ajang olahraga ini.

Atlet berusia 23 tahun itu mendapat tiket ke Olimpiade Paris usai mengikuti Kejuaraan Dunia Artistik 2023 di Antwerp, Belgia, pada Oktober 2022 lalu. Rifda berkompetisi di nomor all-around putri dan finis di posisi ke-52, dengan skor 49,932, tertinggal 8,933 poin dari pesenam Amerika Serikat, Simone Billes yang meraih medali emas.

Hingga saat ini, Rifda tercatat telah merebut berbagai medali di kancah internasional. Ia mulai debut di kompetisi tingkat dunia sejak 2015 lalu.

Baca Juga : MENANG 2-0 LAWAN FILIPINA, TIMNAS INDONESIA LOLOS BABAK KETIGA PIALA DUNIA 2026

Sebelumnya sudah ada tiga atlet Indonesia lainnya yang akan berlaga di pesta olahraga dunia tersebut. Pemanah Indonesia Arif Dwi Pangestu menjadi atlet pertama Indonesia yang berhasil merebut tiket ke Olimpiade tahun depan.

Disusul oleh atlet panjat tebing Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi. Desak dipastikan mendapat tiket Olimpiade setelah menjadi atlet terbaik pada Kejuaraan Panjat Tebing Dunia 2023 di Bern, Swiss, Agustus lalu.

Atlet lain yang lolos ke Olimpiade Paris adalah atlet senior, Eko Yuli Irawan. Eko mengamankan tiket Olimpiade ke Paris setelah menyabet medali perak pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF 2023 di Riyadh, Arab Saudi pada September lalu.

Latest Article