Inilah Yang Anda Dapatkan Saat Rutin Jalan Kaki Setiap Pagi

Manfaat Rutin Jalan Kaki Setiap Pagi
Manfaat Rutin Jalan Kaki Setiap Pagi

Selain mengonsumsi makanan bergizi, terdapat beberapa hal lain yang dapat Anda terapkan untuk memulai pola hidup sehat. Salah satunya yaitu dengan rutin beraktivitas fisik seperti jalan kaki di pagi dan sore hari. Meskipun termasuk dalam olahraga ringan, manfaat jalan kaki bagi kesehatan tak boleh disepelekan begitu saja.
Jalan kaki dapat meningkatkan proses metabolisme serta pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga mampu menurunkan kadar lemak berlebih dan mengontrol berat badan. Mari simak manfaat jalan kaki selengkapnya melalui artikel berikut ini.

Jalan kaki bisa menjadi alternatif apabila Anda tak sempat melakukan olahraga karena jadwal sehari-hari yang cukup padat. Berikut beberapa manfaat jalan kaki:

  1. Menjaga Berat Badan Tetap Stabil
    Manfaat jalan kaki yang pertama yaitu menjaga berat badan stabil. Aktivitas fisik ini melibatkan gerakan tubuh secara keseluruhan sehingga dapat mengoptimalkan proses metabolisme dan pembakaran kalori dalam tubuh. Jalan kaki selama 30 menit setiap hari yang diimbangi dengan pola makan sehat dapat membantu menurunkan risiko obesitas. laju metabolisme tubuh ditingkatkan sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.
  2. Mengontrol Gula Darah dan Mencegah Penyakit Jantung
    Manfaat jalan kaki secara rutin berikutnya adalah mengontrol gula darah. Jalan kaki selama beberapa menit setelah makan diketahui dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil sehingga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.
    Menurut Asosiasi Jantung Amerika, berjalan kaki sama efektifnya seperti berlari dalam hal pencegahan penyakit jantung dan stroke. Aktivitas ini membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol serta memperlancar sirkulasi darah.
  3. Meningkatkan Suasana Hati dan Menenangkan Pikiran
    Tidak hanya untuk kesehatan fisik, manfaat jalan kaki juga berpengaruh terhadap kesehatan mental. Jalan kaki diketahui mampu meningkatkan suasana hati karena dapat menurunkan pelepasan hormon stres, yaitu hormon kortisol dari dalam tubuh.
    Untuk mendapatkan manfaatnya secara ideal, cobalah berjalan kaki di pagi hari. Pasalnya, menghirup udara segar di pagi hari dapat memberikan efek relaksasi. Inilah yang membuat manfaat jalan kaki di pagi hari bisa meningkatkan suasana hati dan produktivitas Anda selama satu hari penuh.
  4. Bantu Melancarkan Sistem Pencernaan
    Setelah mengonsumsi makanan, Anda disarankan melakukan aktivitas fisik ringan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Salah satunya yaitu dengan berjalan santai sekitar 20-30 menit. Berjalan kaki 30 menit per hari juga bisa mengurangi risiko kanker usus di masa depan, tetapi juga memperbaiki pencernaan. Saat berjalan kaki badan bergerak ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih tertib. Kanker usus dicetuskan pula oleh tertahannya tinja lebih lama di saluran pencernaan. Studi lain juga menyebutkan peran berjalan kaki terhadap kemungkinan penurunan risiko terkena kanker payudara.
  5. Menguatkan Tulang dan Otot Kaki
    Jalan kaki secara rutin dapat meningkatkan kekuatan tulang dan otot kaki. Secara tidak langsung, hal ini juga bisa menurunkan risiko osteoporosis. Manfaat ini bisa Anda optimalkan dengan berjalan kaki pada jalan yang menanjak dan menurun.
  6. Mencegah osteoporosis. Dengan gerak badan dan berjalan kaki cepat, bukan saja otot-otot badan yang diperkokoh, melainkan tulang-belulang juga. Untuk metabolisme kalsium, bergerak badan diperlukan juga, selain butuh paparan cahaya matahari pagi. Tak cukup ekstra kalsium dan vitamin D saja untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis. Mereka yang melakukan gerak badan sejak muda, dan cukup mengonsumsi kalsium, sampai usia 70 tahun diperkirakan masih bisa terbebas dari ancaman pengeroposan tulang.
  7. Memelihara Kesehatan Sendi
    Jalan kaki yang dilakukan dengan teratur memberikan manfaat terhadap kesehatan sendi, mulai dari sendi lutut hingga panggul. Hal ini dikarenakan jalan kaki dilakukan dengan terus menggerakkan kaki sehingga sendi-sendi tersebut akan terlumasi oleh cairan sinovial secara ideal. Bahkan, jalan kaki juga mampu membantu meredakan nyeri akibat radang sendi.
    Hasil penelitian yang melibatkan orang dewasa di atas 49 tahun dan mengalami nyeri sendi di tubuh bagian bawah menunjukkan bahwa berjalan kaki sekitar 10 menit per hari atau 1 stick per minggu dapat membantu mencegah gejala nyeri sendi sewaktu-waktu.
  8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Manfaat jalan kaki di pagi hari, terutama saat sinar matahari pagi telah muncul, akan mengoptimalkan proses sintesis vitamin D yang berperan penting bagi sistem kekebalan tubuh.
    Selain itu, studi yang dilakukan oleh peneliti dari North Carolina Inquire about Campus menunjukkan hasil bahwa jalan kaki atau olahraga aerobik lain yang dilakukan selama 30-45 menit setiap harinya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan infeksi saluran pernapasan atas.
  9. Menurunkan Risiko Terkena Stroke.
    Buktinya nenek-moyang kita yang lebih banyak melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari, kasus stroke zaman dulu tidak sebanyak sekarang. Salah satu studi terhadap 70 ribu perawat (Harvard School of Public Health) yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, risiko mereka terserang stroke menurun duapertiga.
  10. Menjaga Kesehatan Jantung
    Salah satu alasan pentingnya jalan kaki yaitu menjaga kesehatan jantung. Jalan kaki yang dilakukan secara rutin mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh serta membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung akibat penyakit jantung koroner.
    Menurut penelitian tahun 2009 dalam European Diary The study of disease transmission, berjalan kaki yang dilakukan kurang lebih selama 30 menit dalam 5 kali seminggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebesar 19%. Persentase penurunan risiko tersebut dapat bertambah apabila Anda meningkatkan durasi serta jarak jalan kaki.

Itulah berbagai manfaat olahraga jalan kaki untuk kesehatan. Berjalan termasuk dalam olahraga ringan yang tentu saja sesuai untuk siapapun dan di umur berapapun. Disamping itu, olahraga ini juga merupakan olahraga yang murah dan mudah selain berlari. Anda dapat melakukan olahraga ini dirumah maupun diluar rumah juga, loh. Manfaat yang didapat dari olahraga satu ini juga banyak. Mulai hari ini, mari kita jalan kaki minimal 30 menit setiap hari.

Latest Article