Abhinaya Karya 2024: Sabda Raya, Pameran Mengenai Bunyi dan Suara dalam Kehidupan Manusia

Abhinaya Karya
Abhinaya Karya

Pada Rabu, 5 Juni 2024 Museum Sonobudoyo kembali menggelar pameran tahunan Abhinaya Karya bertajuk Sabda Raya. Sebagai agenda pameran pertengahan tahun yang telah secara konsisten dilaksanakan sejak tahun 2021, kali ini Abhinaya Karya hadir kembali dengan memamerkan narasi mengenai bunyi dan suara. Kehadiran bunyi tanpa kita sadari telah meniadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang member dampak signifikan pada manusia, bukan hanya sebagai cara berkomunikasi atau bertutur sapa, tetapi juga dapat memberikan ketenangan jiwa. Dalam perkembangan teknologi, inovasi gelombang bunyi kemudian turut mendorong kemunculan arsip-arsip suara seperti perekam suara dan pemutar musik yang menjadi salah satu penemuan penting dalam perkembangan seni musik dan pengarsipan di bidang sejarah.

Pada pameran Sabda Raya ini, sinergi kurasi, desain, dan artistik diupayakan untuk dapat menghadirkan suara yang inklusif agar dapat membersamai seluruh lapisan masyarakat dalam bercerita. Lebih jauh lagi, pameran ini akan mengajak seluruh pengunjung untuk tidak hanya sekedar melihat koleksi dan narasi yang disajikan, namun juga larut dengan suasana yang dibangun oleh berbagai macam bunyi sesuai dengan narasi masing-masing ruang berdasarkan frekuensi, melodi, nada, irama, dan coraknya. Pameran ini adalah pameran eksperimental kami untuk membangun pengalaman kunjung yang berbeda dari sebelumnya, sehingga Museum Sonobudoyo selalu dapat menyajikan pengalaman spesial dalam setiap pamerannya

Ery Sustivadi, S.T., M.A. selaku Kepala Museum Sonobudoyo menyampaikan bahwa museum hari in harus dapat menghadirkan narasi relevan dan inklusif yang mampu menjawab kebutuhan publik terhadap ruang rekreasional yang menarik tapi juga gemuk akan ilmu pengetahuan.

Pameran Abhinaya Raya 2024 dihadiri dan diresmikan oleh Sekda DIY, Drs. Beny Suharsono, M.Si didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY, Dian Lakhsmi Pratiwi, S.S., M.A pada 5 Juni 2024 pukul 15.00 WIB bertempat di Gedung Pamer Saraswati Museum Sonobudoyo Jalan Pangurakan No. 4 Yogyakarta atau sisi selatan titik nol km.

Sabda Raya menyajikan jahitan cerita mengenai bunyi mula-mula dari suara alam hingga ruang riuh perkotaan, menghadirkan arsip-arsip bunyi sebagai hasil dari proses digitalisasi piringan yang menjadi bagian kegiatan restorasi dan penyelamatan koleksi museum, seta metafora bunyi yang menghadirkan suara city (soundscape) keriuhan kota. Pameran in menghadirkan 131 koleksi yang berasal dari berbagai kebudayaan, baik sejak masa pra-aksara hingga masa modern seperti saat ini.

Pameran yang didanai oleh Dana Keistimewaan ini berlangsung dari 5 Juni – 1 Juli 2024 yang dapat disaksikan setiap hari, mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Dalam pameran kali ini, Museum Sonobudoyo juga menyediakan fasilitas kepemanduan dengan menggunakan Bisindo (Bahasa Isyarat Indonesia) dengan jadwal tertentu. Untuk pengalaman kunjung yang maksimal pengunjung dapat membawa perangkat penyuara telinga atau penyuara jemala (earphone dan headset) untuk menikmati arsip suara bunyi dari koleksi yang ditampilkan.

Latest Article