Indonesia Mencetak Sejarah Dengan Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Indonesia lawan Iraq di Piala Asia 2023
Indonesia lawan Iraq di Piala Asia 2023

Timnas Indonesia berhasil mencetak sejarah di Piala Asia 2023 usai lolos ke babak 16 besar. Tidak hanya tim Garuda, ada tiga negara lain yang berhasil memperoleh catatan serupa.

Indonesia memastikan kelolosannya pada Kamis (25/1) malam. Tim asuhan Shin Tae-yong terbantu hasil imbang Kirgistan melawan Oman di Grup F.

Kirgistan ditahan imbang Oman dengan skor 1-1, membuat kedua tim hanya berbagi satu poin. Hasil itu membantu Indonesia bertahan di posisi keempat klasemen tim peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023 dengan 3 poin, sedangkan Oman gagal menyalip Indonesia dengan 2 poin.

Sukses ini membuat Indonesia mencatat sejarah baru. Tim Merah Putih pertama kalinya bisa maju ke babak fase 16 besar.

Pada empat edisi sebelumnya, yakni 1996, 2000, 2004, dan 2007, Indonesia selalu mentok di fase grup. Setelah sempat absen 16 tahun, Indonesia kembali dan bisa langsung ke 16 besar.

Tidak hanya Timnas Indonesia, terdapat negara lain yang berhasil memperoleh catatn serupa. Negara tersebut adalah Suriah, Palestina, dan Tajikistan.

Suriah menjadi tim yang sudah langganan Piala Asia, dengan 7 kali partisipasi sejak 1980. Namun, Suriah belum pernah ke babak 16 besar. Tapi di kejuaraan tahun ini catatan tersebut berakhir. Suriah berhasil finis di Grup B dengan 4 poin, dan menjadi salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Kemudian terdapat palestina yang berhasil mencatat kesuksesan serupa. Palestina mampu finis kedua di klasemen peringkat tiga terbaik. Dan yang terakhir adalah Tajikistan yang melakukan debutnya di Piala Asia tahun ini.

babak 16 besar Piala Asia 2023 digelar mulai 28 Januari mendatang. Timnas Indonesia akan melawan Australia di Jassim bin Hamad Stadium, Al Rayyan, Qatar.

Latest Article