Atlet Panjat Tebing Indonesia Dominasi Neom IFSC Masters 2023

Atlet Panjat Tebing Indonesia di Neom IFSC Master 2023 di Arab Saudi
Atlet Panjat Tebing Indonesia di Neom IFSC Master 2023 di Arab Saudi

Menutup kompetisi di tahun ini, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) mengirimkan sejumlah atlet panjat tebing putra dan putri Indonesia di ajang Neom IFSC Masters 2023 di Arab Saudi yang diselenggarakan pada 22-24 November 2023. Tim panjat tebing Indonesia raih lima medali pada kompetisi Neom IFSC Masters 2023.

Tiga atlet speed putri berhasil menyapu bersih tiga medali sekaligus setelah terjadi All Indonesian final di partai final. Rajiah Salsabillah meraih emas dengan catatan waktu 6,72 detik, Desak Made Rita Kusuma meraih perak dengan catatan waktu 6,88 detik, dan Amanda Nadra Mutia mencatatkan waktu 6,91 detik meraih perunggu. Sementara itu, kategori speed putra meraih dua medali, yaitu medali emas yang diraih oleh Veddriq Leonardo dengan catatan waktu 5,07 detik dan perunggu oleh Rahmad Adi Mulyono dengan waktu 5,43 detik. Pencapaian gemilang baik dari atlet.

Coach Timnas Panjat Tebing Indonesia, Hendra Basir mengatakan bahwa atlet putra dan putri Indonesia memang sedang dipersiapkan untuk menghadapi beberapa kompetisi untuk tahun depan demi meraih tiket Olimpiade Paris 2024.

“Raihan atlet putra-putri kita hari ini memang kami sudah persiapkan latihannya jauh-jauh hari. Kami memang serius untuk menghadapi kompetisi yang akan datang terutama dalam menghadapi kompetisi yang menentukan kelolosan menuju Olimpiade Paris 2024 mendatang,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia, Yenny Wahid mengatakan hal yang sama. Dirinya juga mendukung seluruh persiapan tim atlet panjat tebing untuk persiapan kompetisi internasional yang akan datang khususnya untuk persiapan Olimpiade Paris 2024.

“Menjelang 2024 ini, Kami memang mendukung semua persiapan atlet untuk menghadapi kompetisi yang akan datang khususnya untuk mempersiapkan diri ke Olimpiade Paris 2024. Kita sama-sama tahu kita sudah punya dua perwakilan atlet Indonesia di sana.” terang Yenny Wahid. “Harapannya, dua atlet ini akan maksimal untuk tampil nanti di Olimpiade, dan tentuanya kami juga berharapa masih akan ada atlet lain yang menyusul keduanya di kualifikasi yang akan datang,” tambahnya.

Neom IFSC Masters 2023 Arab Saudi ini merupakan kompetisi internasional terakhir yang dihadapi atlet Tim Nasional Panjat Tebing Indonesia. Atlet panjang tebing indonesia akan kembali melakukan kompetisi internasional lainnya di tahun 2024 dan akan melaksanakan beberapa kualifikasi untuk menentukan kelolosan ke Olimpiade Paris 2024

Latest Article