Sala3 DigiFest Sebagai Penyadaran Pentingnya Digital Dalam Masyarakat

McKinsey lembaga survey global memprediksi bahwa Artificial Intelegence (AI) memiliki potensi untuk meningkatkan aktivitas ekonomi global sebesar US$ 13 triliun hingga 2030. Untuk itu dalam menyongsong masa depan perlu mempertimbangkan kompetensi dan peluang pekerjaan dalam bidang AI. Menyikapi hal tersebut Politeknik Bhakti Semesta mengadakan Sala3 DigiFest 2023 yang telah menjadi kegiatan tahunan sebagai bentuk penyadaran kepada masyrakat tentang pentingnya digital dalam kehidupan masyarakat.

Politeknik Bhakti Semesta sendiri berdiri di tahun 2021 dengan tagline Your life change Starts Here. Lembaga pendidikan yang memiliki tiga program studi unggulan yaitu Program Studi Digital, Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia, dan Program Studi Rekayasa Keamanan Siber. Ketiga program studi unggulan dengan tagline tersebut menunjukkan bahwa Politeknik Bhakti Semesta merupakan lembaga pendidikan tinggi vokasi yang berusaha mewujudkan generasi emas 2045 yang berdaya saing global, mandiri dalam intelektualitas, memiliki kecakapan teknologi digital dan memiliki semangat dalam menghadapi perubahan lokal maupun global

Dalam rancangan Generasi Emas 2045, kemandirian teknologi dan inovasi merupakan faktor penting dalam melihat Indonesia di masa yang akan datang. Kolaborasi berbagai pihak mulai dari Pemerintah, sektor swasta, masyarakat, dan berbagai lembaga nasional dan internasional perlu bekerja sama dengan satu visi dan misi menuju Indonesia Emas 2045 dan Net Zero 2060.

Selain itu, Politeknik Bhakti Semesta juga melakukan penyadaran kepada masyrakat tentag pentingnya digital dalam kehidupan masyarakat. Penyadaran tersebut dilaksanakan dengan membuat kegiatan Salatiga Digital Festival (Sala3 DigiFest). Sala3 DigiFest merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Politeknik Bhakti Semesta dan Pemerintah Kota Salatiga.

Kegiatan ini dibagi dalam dua bentuk acara, yaitu acara seminar internasional dan festival teknologi. Acara Seminar Internasional menghadirkan pembicara nasional dan global yang memiliki keterkaitan dengan tema tahuin 2023. Pembicara pertama adalah Dan Lejerskar, CEO dan Chairman EON Reality California. Dan akan memaparkan tentang perkembang teknologi digital dalam mendukung perkembangan akademik. Dan juga akan mendemonstrasikan teknologi EON dalam membentuk realitas virtual.

Pembicara kedua adalah Prof Shian-Shyong Tseng, Ph.D, akademisi dari Asia University, Taiwan. Prof Shian memaparkan materi tentang tatanan dan peluang teknologi digital di Asia. Sedangkan pembicara ketiga adalah Budiman Sudjatmikom M A, M.Phil, sebagai pendiri gerakan inovator 4.0, yang akan memaparkan tentang peluang teknologi AI (Artificial Intellegence) di Indonesia.

Pada tahun 2023, Sala3 DigiFest mengambil tema “Kemajuan Teknologi dan Masa Depan Pendidikan Tinggi: Peluang dan Tantangan bagi Indonesia pada Era Transformasi Digital.” Sala3 DigiFest 2023 akan dilaksanakan hari Sabtu 25 November 2023, pukul 07.30 WIB hingga 17.00 WIB, di Auditorium D’Emmerick Hotel Salatiga, Jl. Dr. Sumardi No.10.

Ketiga pembicara ini akan berdiskusi dengan peserta para akademisi dari beberapa kampus disekitar Jawa Tengah tentang tantangan transformasi digital di Indonesia dan wilayah Asia

Untuk festival teknologi akan mengadakan kompetisi e-sport Mobile Legend memperbutkan piala Walikota Salatiga dengan peserta dari siswa SMA/SMK kota Salatiga dan sekitarnya. Selain itu, juga menghadirkan komunitas-komunitas digital di kota Salatiga, yang akan berdiskusi dan berbagi ide inovasi. Selain itu ada juga stand penyedia komputer, ponsel dan perangkat digital lainnya, serta stand-stand UMKM

Dengan adanya Sala3 DigiFest, diharapkan masyarakat umum dan masyarakat akademik semakin memahami pentingnya perkembangan dan etika teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari

Latest Article