Kebiasaan yang Bisa Merusak Struktur Tulang Belakang

Kebiasaan yang Bisa Merusak Struktur Tulang Belakang
Kebiasaan yang Bisa Merusak Struktur Tulang Belakang

Seiring bertambahnya usia, tulang bisa menjadi rapuh karena menerima banyak stres saat beraktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk menjaga tulang tetap kuat dan sehat agar terhindar dari risiko osteoporosis dan patah tulang. Salah satu caranya adalah dengan menghindari beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan kerusakan tulang. berikut kebiasaan yang bisa merusak struktur tulang belakang.

1. Kebiasan minum minuman berkarbonansi

Siapa sangka kalau banyak minum kopi juga bisa merusak tulang. Minum terlalu banyak kopi, teh, dan minuman berkarbonasi dapat menyebabkan kalsium terlepas dari tulang, sehingga tulang menjadi rapuh dan rentan patah.

2. Kurang Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang. Kurangnya paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Tubuh membutuhkan setidaknya 15-20 menit sinar matahari setiap hari untuk memproduksi vitamin D yang diperlukan untuk menyerap kalsium dari makanan. Namun, jangan berlebihan. Paparan sinar matahari berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker kulit.

3. Kebanyakan Duduk

Duduk berlebihan dapat membahayakan kesehatan tulang akibat kurang gerak dan aktivitas fisik. Pasalnya, duduk terlalu lama dapat memberikan tekanan tambahan pada sistem muskuloskeletal sehingga berujung pada perubahan degeneratif pada tulang dan sendi. Umumnya mereka yang bekerja di kantoran sering mengalami kebiasaan ini.

4. Malas Bergerak (Mager)

Semakin banyak Anda menggerakkan tulang, semakin kuat tulangnya. Olahraga tidak hanya memperkuat otot, tapi juga tulang. Cobalah olahraga ringan seperti jogging, jalan kaki, menari, dll.

5. Kurang Tidur

Hal ini biasa terjadi pada mereka yang memiliki jadwal padat atau hobi begadang. Padahal tidur bisa meningkatkan risiko penyakit fatal seperti jantung. Penelitian juga menunjukkan hubungan antara sleep apnea dan masalah tulang.

Itu tadi beberapa kebiasaan yang mungkin sering anda lalukan dan tidak sengaja dapat merusak struktur tulang belakang anda.

Latest Article