Alasan Kenapa Setelah Minum Kopi, Jantung Berdebar-debar.

jantung berdebar setelah minum kopi bukanlah masalah medis yang serius dan bisa diatasi dengan mengurangi konsumsi kopi.
jantung berdebar setelah minum kopi bukanlah masalah medis yang serius dan bisa diatasi dengan mengurangi konsumsi kopi.

Beberapa orang mengalami jantung berdebar-debar setelah minum kopi. Namun apakah jantung berdebar berbahaya setelah minum kopi? Ternyata jantung berdebar setelah minum kopi bukanlah masalah medis yang serius dan bisa diatasi dengan mengurangi konsumsi kopi. Oleh karena itu, simak penjelasan berikut dan cara mengobati jantung berdebar setelah minum kopi.

Jantung berdebar setelah minum kopi biasanya bukan merupakan masalah medis yang serius dan dapat hilang dengan sendirinya. Menurut laporan Health, kafein dalam kopi merupakan salah satu jenis stimulan yang dapat menyebabkan perubahan detak jantung jika dikonsumsi lebih dari empat cangkir kopi per hari. Faktanya, beberapa orang yang lebih sensitif terhadap kafein mengalami jantung berdebar yang menyebabkan perubahan detak jantung, nyeri dada, pusing, atau merasa ingin pingsan. Perubahan detak jantung akibat konsumsi kafein bukanlah masalah medis yang serius dan tidak berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Cara mengobati jantung berdebar setelah minum kopi

Perubahan detak jantung akibat kafein biasanya bukan merupakan masalah medis yang serius dan dapat membaik seiring berjalannya waktu. Efek kafein pada tubuh tidak bisa dihilangkan dengan cepat dan sebaiknya menunggu hingga efeknya hilang. Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi efek samping kafein. Melansir Healthline, berikut beberapa cara mengatasi jantung berdebar setelah minum kopi.

Berhenti minum kopi. Mereka yang merasa tidak nyaman setelah minum kopi, seperti jantung berdebar, sebaiknya segera berhenti minum kopi setelahnya. Batasi kopi dan minuman berkafein lainnya tidak lebih dari empat cangkir sehari.

Tunggu hingga efek sampingnya hilang. Efek kopi biasanya terasa dalam 45 menit pertama setelah dikonsumsi dan bisa bertahan tiga hingga lima jam. Efek kopi pada tubuh berkurang setengahnya dalam waktu lima jam dan 25 persen lebih banyak dalam lima jam berikutnya.

Perbanyak minum air putih. Perbanyak minum air putih dapat mengurangi efek samping akibat konsumsi kafein. Namun cara ini belum terbukti efektif mengurangi jantung berdebar akibat kopi.

Aktivitas fisik. Aktivitas fisik seperti berolahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu, olahraga dapat mengurangi efek samping akibat kopi seperti rasa cemas dan gelisah.

Konsumsi makanan berserat tinggi. Mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat memperlambat pelepasan kafein ke dalam aliran darah. Untuk mengurangi efek samping kafein, Anda bisa mengonsumsi makanan kaya serat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Apakah jantung berdebar berbahaya setelah minum kopi? Ternyata jantung berdebar akibat minum kopi biasanya tidak berbahaya atau merupakan masalah medis yang serius. Namun, Anda disarankan untuk membatasi asupan kafein harian untuk menghindari efek samping.

Latest Article