FinExpo 2023 Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan Yogyakarta

Aman Santosa (baju batik) meninjau both-both yang ada di FinExpo 2023 (Foto: Harminanto)
Aman Santosa (baju batik) meninjau both-both yang ada di FinExpo 2023 (Foto: Harminanto)

FinExpo, atau Pameran Lembaga Jasa Keuangan, akan kembali di tahun 2023 dengan tema “Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera”. Acara ini mencerminkan upaya kerjasama antara berbagai pihak, termasuk Regulator seperti Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia, dan Lembaga Penjamin Simpanan, bersama dengan Self Regulatory Organization (SRO) dan Lembaga Jasa Keuangan, dengan tujuan mendukung Bulan Inklusi Keuangan (BIK). FinExpo 2023 akan berlangsung di Pakuwon Jogja Mall selama 4 hari, dimulai dari tanggal 26 hingga 29 Oktober 2023.

Sebagai bagian dari serangkaian acara dalam Bulan Inklusi Keuangan (BIK), pada tanggal 26 Oktober 2023, FinExpo 2023 secara resmi dibuka di Pakuwon Jogja Mall oleh Bapak Aman Santosa, yang menjabat sebagai Kepala Departemen Literasi, Inklusi Keuangan, dan Komunikasi OJK, bersama dengan Ibu Wani Sabu, yang menjabat sebagai Ketua FinExpo 2023, dan Bapak Arjanto, yang menjabat sebagai Wakil Ketua FinExpo 2023. Dengan penyelenggaraan FinExpo ini, harapannya adalah dapat mendorong pencapaian target inklusi keuangan sebesar 90% pada tahun 2024, sesuai dengan petunjuk dari Presiden Republik Indonesia.

Dalam penyelenggaraan FinExpo kali ini, ada sebuah inisiatif baru yaitu Syariah Financial Fair (SYAFIF), yang diadakan untuk pertama kalinya. Tujuan utamanya adalah meningkatkan pemahaman masyarakat dan memperluas akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan syariah. SYAFIF diharapkan menjadi platform bagi lembaga jasa keuangan syariah untuk memperkenalkan produk dan layanan mereka, sambil menyelenggarakan kegiatan talkshow dan memberikan pendidikan mengenai jasa keuangan syariah.

FinExpo 2023 melibatkan 102 peserta dari berbagai sektor dalam industri jasa keuangan, termasuk perbankan, asuransi, pasar modal, pembiayaan, pergadaian, fintech, serta pelaku UMKM, baik dalam sektor konvensional maupun syariah. Melalui acara ini, masyarakat akan diberikan akses ke berbagai promo produk keuangan yang menggiurkan, seperti bonus, cashback, reward, dan penawaran menarik lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan berbagai lapisan masyarakat. Selain itu, dalam rangka mendukung perlindungan konsumen, tersedia pula layanan Sistem Informasi Layanan Keuangan (SLIK) dan sarana pengaduan konsumen terkait produk dan layanan jasa keuangan.

Acara ini menjadi lebih meriah dengan adanya berbagai jenis kompetisi, seperti lomba Ranking Setunggal, kompetisi FinSmart untuk siswa SMP/MTS, Fashion Show Competition dengan tema Bangga Berkain, Lomba Mewarnai BipBip yang diadakan bersama Gramedia, kompetisi IG Reels/TikTok, serta kelas seni aktivitas anak-anak seperti paper craft dan lego robotics. Selain itu, juga akan ada penampilan musik dari sejumlah musisi terkenal seperti Anji, Idgitaf, GAC, dan masih banyak hiburan menarik lainnya.

FinExpo 2023 akan menjadi lebih seru dengan beragam permainan, seperti snake & ladders, gold in the box, digital interactive kinect games, dan juga aktivitas primbon Jawa. Setiap hari akan ada pengundian doorprize yang menarik, termasuk hadiah berupa Notebook, Handphone, Tablet, Smart Watch, Sepeda Listrik, dan hadiah Grand Prize berupa All New Ayla 2023.

Latest Article