Nonton Film Horor Bikin Bahagia? ini alasannya

Nonton film horor bisa bikin bahagia
lustrasi emosi saat nonton film horor

Film horor merupakan salah satu genre yang mempunyai penonton setia di seluruh dunia. Meski terkesan seperti film yang menyedihkan, namun orang-orang sengaja dibuat takut bukan hanya untuk menakut-nakuti, tapi juga untuk mencari kebahagiaan dari adrenalin. Menjelang akhir tahun, nampaknya semakin banyak game horor yang siap hadir di layar film dan layanan streaming. Setelah menghadapi krisis eksistensial hingga sempat dianggap remeh, genre film ini dihidupkan kembali dengan standar baru yang bahkan menjadi favorit sebagian besar penggemarnya. Lalu apa saja alasan orang suka menonton film horor?

1. Memacu Andrenalin dan Ketegangan

Salah satu alasan utama mengapa orang suka menonton film horor adalah karena film tersebut mampu memberikan banyak adrenalin dan keseruan. Saat Anda menonton adegan menakutkan, tubuh kita bereaksi dengan peningkatan detak jantung, pernapasan, dan peningkatan keringat. Respon ini mirip dengan respon “fight or flight” yang terjadi saat kita berada dalam situasi berbahaya. Bagi sebagian orang, perasaan ini sangat menarik dan menyenangkan. Mereka merasa hidup dan terlibat dalam cerita film tersebut, meski hanya sebagai penonton.

Tidak hanya sekedar gambar, namun sebagai wujud kehidupan, film tentu mempunyai fungsi penting untuk menghibur masyarakat. Salah satunya adalah rangsangan terhadap dorongan emosi dasar Anda, yaitu marah, jijik, sedih, takut, dan bahagia. Jadi, ketika kita bergenre horor, otak kita menerima semua rangsangan emosional tersebut dalam bentuk visceral entertainment, artinya hiburan yang juga bisa membuat kita merasakan sensasi fisiologis saat itu juga! Misalnya saja ketika menonton adegan dadakan jumpscare, rasa terkejutnya pasti akan membuat adrenalin kita terpacu hingga memejamkan mata, berteriak, bahkan spontan tertawa.

2. Merasa Puas Setelah ada Ketakutan

Perasaan puas setelah rasa takut Setelah melalui adegan-adegan seram film horor, banyak orang yang merasa puas. Rasanya sama seperti setelah menaiki roller coaster ekstrem. Saat Anda melihat karakter film melewati situasi yang mengerikan dan keluar hidup-hidup, Anda juga merasakan semacam kemenangan. Pengalaman emosional ini adalah perasaan yang berharga dan membuat pemirsanya merasa lebih kuat dan berani.

3. Rasa ingin Tahun yang Kuat

Rasa ingin tahu yang kuat Film horor seringkali mengandung plot misterius dan twist yang tidak terduga. Hal ini menimbulkan rasa penasaran yang kuat di masyarakat. Mereka ingin tahu apa yang terjadi selanjutnya dan bagaimana ceritanya berakhir. Keingintahuan ini membuat mereka terpaku pada layar dan tidak mampu mengalihkan perhatian dari film. Ketika plot twist atau rahasianya terungkap, rasanya sangat memuaskan.

4. Berupaya mengontrol Emosi saat Ketakutan

Rasa kendali dalam menghadapi rasa takut Menonton film seram juga dapat memberikan Anda rasa kontrol untuk menghadapi ketakutan Anda di kehidupan nyata. Dalam suasana penuh tekanan, film horor seolah menjadi alat yang membuka peluang untuk menghadapi ketakutan bawah sadar yang terus-menerus Anda hindari tanpa disadari. Beberapa orang merasa bahwa menghadapi ketakutan mereka dalam konteks yang aman, seperti menonton film, membuat mereka lebih kuat menghadapi ketakutan mereka dalam kehidupan nyata. Pengalaman ini juga dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan untuk mengatasi stres dan ketegangan.

5. Mengapresiasi Kerativitas dan Seni Film

Film horor seringkali menjadi wadah bagi sutradara, penulis, dan aktor untuk mengekspresikan kreativitasnya sebagai produser. Membuat efek khusus, desain suara, karakter, dan plot kompleks memerlukan banyak keterampilan dan ketekunan. Banyak penggemar horor yang mengapresiasi aspek teknis ini dan menikmati bagaimana para profesional di balik layar menciptakan pengalaman mistis supernatural yang menakutkan namun menarik untuk dijelajahi. Dari adrenalin hingga keingintahuan yang intens, film horor memiliki daya tarik tersendiri, menawarkan pengalaman emosional dan berharga yang unik. Lalu bagaimana dengan teman-teman? Tertarik menguji adrenalin sambil menonton film horor?

Latest Article