Bayi Badak Sumatra Lahir di Taman Nasional Way Kamba

Bayi badak lahir di Suaka Rhino Sumatera (photo: x.com/@KementerianLHK)
Bayi badak lahir di Suaka Rhino Sumatera (photo: x.com/@KementerianLHK)

Seekor badak sumatera betina lahir di Suaka Rhino Sumatera, Taman Nasional Way Kambas (SRS TNWK), Lampung Timur, Lampung, pada Sabtu, 30 September 2023. Anak badak sumatera lahir dari perkawinan badak jantan bernama Andalas dan seekor badak sumatera bernama Ratu. Bayi badak tersebut lahir pada pukul 01:44 WIB di Suaka Badak Sumatera, Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Bayi badak sumatera ini melanjutkan kisah dua sejoli badak sumatera, Andalas dan Ratu.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan kelahiran badak sumatera merupakan kabar baik. “Kabar ini tentunya menjadi kabar baik, tidak hanya bagi masyarakat Indonesia tetapi juga seluruh dunia,” kata Menteri Siti Nurbaya di Instagram Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ratu diketahui merupakan badak sumatera betina berusia 23 tahun yang berhasil melahirkan sebanyak tiga kali selama menjalani residensi di SRS TNWK, setelah sebelumnya melahirkan Andatu pada tahun 2012 dan Delilah pada tahun 2016.

Selain Badak Ratu, badak betina lain yang saat ini menempati SRS TNWK adalah Bina, Rosa, Delilah, dan Sedah Mirah. Sedangkan badak jantan ada tiga, yakni Andalas, Harapan, dan Andatu. Dengan lahirnya Ratu, jumlah badak sumatera di TNWK bertambah menjadi 9 ekor.

Latest Article