Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul, Pengalaman Pribadi Om Hao

kisah tanah jawa pocong gundul
Om Hao dan Deva mahendra dalam proses shooting kisah tanah jawa pocong gundul

Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul resmi tayang di bioskop. Film horor ini berdasarkan pengalaman horor praktisi retrokognisi Om Hao yang dibintangi Deva Mahendra. Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul merupakan rilisan pertama dari grup investigasi mistik YouTube populer Kisah Tanah Jawa yang bekerja sama dengan MD Pictures. Deva pun didapuk memerankan karakter paman Hao. Sutradara Awi Suryadi pun dikontrak untuk menyutradarai film ini. Sebelumnya dikenal sebagai Ketua KKN Desa Penari (2022) dan Ketua Jagat Danur (2017-2019).

Ringkasan konten Hari “Hao” Kurniawan (Deva Mahendra) sejak lama menyadari bahwa ia memiliki kemampuan untuk “kembali ke masa lalu”, yang dikenal sebagai retrokognisi. Sejak kecil, ia menyaksikan kekuatan kakeknya dengan memegang “Objek Transmisi” yang disebut Catalyst. Namun suatu ketika pada tahun 1996, kakeknya meninggal saat melakukan retrokognisi. Sebagai orang tua, Hao sering menggunakan retrokognisi untuk meneliti situs bersejarah berdasarkan ketertarikannya pada cerita masa lalu. Ia juga sering mengadakan seminar dan menjelaskan tentang retrokognisi dengan bantuan teman masa kecilnya Rida (Della Dartya). Hingga suatu hari, setelah lulus seminari pada tahun 2013, pasangan tersebut mendatanginya untuk meminta bantuan.

Pasangan Sujatmiko mengaku anak tunggal mereka Sari (Nayla D Purnama) menghilang secara misterius dua hari lalu saat mereka sedang mengerjakan PR malam di sekolah. Ibu Sujatmiko (Joanna Dyah) yakin Hao bisa membantu mereka menemukan Sari, meski suaminya skeptis terhadap Hao. Awalnya Hao ragu menerima permintaan tersebut karena dia tidak pernah menggunakan keahliannya untuk mencari orang hilang. Namun karena iba lantaran ibu Sujatmiko sudah tampak sangat frustrasi mencari ke sana ke mari tak jua menemukan hasil positif, Hao pun menerima tawaran tersebut. Bersama dengan pasangan Sujatmiko, Rida, dan dibantu wali kelas Sari, Hao berusaha untuk melihat apa yang terjadi dengan siswi SMK tersebut. Hingga kemudian, ia melihat teror yang belum pernah ia hadapi sebelumnya. Hao pun mengetahui apa yang terjadi dengan Sari dan berhasil menemukan remaja tersebut.

Namun tindakan Hao menyelamatkan Sari rupanya tak menghentikan teror dari makhluk gaib berbentuk pocong dengan kepala gundul. Hao kini harus menghadapi pocong botak karena makhluk itu tidak hanya mengincar Sari, tapi juga mengincar nyawanya. Film ini berdasarkan pada buku cerita tanah Jawa lainnya Pocong Gundul terbitan tahun 2019 karya Bonaventura D. Genta, Mada Zidan (Mbah KJ) dan Hari Kurniawan.

Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul disutradarai oleh Awi Suryad, dan skenario ditulis oleh Agasyah Karim, Khalid Kashogi dan Awi sendiri. Film ini dibintangi oleh Deva Mahendra, Della Dartyan, Iwa K, Nayla D Purnama, Muhammad Abe Baasyin, Joanna Dyah dan Pritt Timothy. Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul akan tayang di bioskop pada 21 September 2023. Para cast, sutradara dan Om Hao sendiri menyempatkan untuk berkunjung di studio Voks Radio Jogja. Mereka menceritakan proses dibaliklayar film Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul.

Latest Article