Indonesia VS Turkmenistan : Menilik Keunggulan Timnas Indonesia

Indonesia vs Turkmenistan timnas saat latihan
foto twitter @PSSI

Dalam program FIFA Matchday, timnas Indonesia dan Turkmenistan akan saling berhadapan. Tim Garuda sedikit lebih baik dalam sejarah bertemunya kedua tim. Laga Indonesia vs Turkmenistan akan digelar di Stadion Bung Tomo Surabaya pada Jumat (9 Agustus 2023). Kick-off dimulai pukul 20.30 WITA.

Tim tamu asal Turkmenistan, yang peringkatnya di atas Indonesia menurut FIFA, diunggulkan. Saat ini Turkmenistan berada di peringkat 138, sedangkan Indonesia di peringkat 150. Namun jika melihat sejarah pertemuan Indonesia vs Turkmenistan, tim Garuda sebenarnya mendominasi. Dari empat pertandingan, Indonesia menang 2 kali, Turkmenistan menang 1 kali.

Pertemuan Indonesia vs Turkmenistan pertama kali pada laga kualifikasi Piala Dunia Asia 2004. Saat itu, tim Garuda kalah 1:3. Di ajang yang sama, Indonesia membalasnya dengan kemenangan 3-1 atas Turkmenistan. Duel ketiga antara Indonesia dan Turkmenistan kembali terjadi pada laga kualifikasi Piala Dunia Asia 2011. Saat itu, diawal laga imbang 1:1. Indonesia kemudian kembali memenangkan game kedua 4–3.

Beberapa pemain absen karena cedera jelang Indonesia vs Turkmenistan , di antaranya Shayne Pattynama, Dimas Drajad, Yakob Sayuri, dan Yance Sayuri. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong bertindak cepat dengan memanggil pemain U-23 Alfeandra Dewangga, Donny Tri Pamungkas, dan Dzaky Asraf. Namun, Shin Tae Yong tak mau mencari alasan. Pelatih asal Korea berharap memberikan kemenangan kepada Indonesia, sehingga pelatih Shin meminta dukungan penuh kepada para suporter khususnya masyarakat Surabaya untuk memenuhi stadion dan memenuhi dengan warna merah dan putih. Sejak Senin tanggal 6 September 2023 kemarin para pemain timnas Indonesia sudah mulai memusatkan pelatihan di Surabaya.

Prediksi Susunan Pemain
Indonesia (3-4-3):
Reza Arya Pratama; Fachruddin Aryanto, Sandy Walsh, Jordi Amat; Edo Febriansyah, Ricky Kambuaya, Marc Klok, Asnawi Mangkualam; Egy Maulana, Dendy Sulistyawan, Stefano Lilipaly.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Turkmenistan (5-3-2)
Rasul Charyyev; Mekan Saparov, Guychmyrat Annagulyyev, Ykhlas Toydzhanov, Abdy Byashimov, Arzuvguly Sapargulyev; Teymur Charyyev, Akhmet Ataev, Murat Annaev; Begmyrat Bayov, Altymurad Annadurdyev.

Pelatih: Mergen Orazov.

Latest Article