BPBD DIY : Belum Ada Laporan Kekeringan di Sektor Pertanian

tanah retak karena musim kemarau dan kekeringan (Photo: Muhammad Hudari/iStock)
tanah retak karena musim kemarau dan kekeringan (Photo: Muhammad Hudari/iStock)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DIY menyebut Kabupaten Bantul, Gunungkidul, dan Kulonprogo, terdampak kekeringan. Manajer Pusat Pengendalian Operasi BPBD DIY Lilik Andi Aryanto menyebutkan masih belum ada laporan terkait kekeringan di sektor pertanian

“Sektor pertanian sampai saat ini tidak ada laporan kekeringan,” kata Lilik (6/9). Meskipun masih belum ada laporan terkait adanya kekeringan di sektor pertanian, masyarakat diminta untuk tetap waspada.

Saat ini terdapat dua kabupaten yang berstatus siaga darurat kekeringan, yakni Bantul dan Gunungkidul. Sedangkan, Kulonprogo belum berstatus siaga darurat meski sudah terdampak kekeringan.

Di Bantul terdapat lima kecamatan dengan delapan kelurahan yang terdampak kekeringan. Sedangkan di Gunungkidul ada enam kecamatan dengan total 19 kelurahan yang terdampak kekeringan. Hal tersebut disampaikan oleh pada Rabu kemarin.

“Di Kulonprogo ada delapan kelurahan di lima kapanewon (kecamatan) yang terdampak kekeringan,” kata Lilik.

Untuk saat ini dari masing-masing kabupaten telah menyiapkan anggaran droping air dan apabila nantinya anggaran rutin telah habis maka akan menggunakan dana BTT atau belanja tidak terduga.

Latest Article