5 Film Yang Tayang di Venice Film Festival

mma Stone and Ramy Youssef star in 'Poor Things,' premiering at the 2023 Venice Film Festival.
mma Stone and Ramy Youssef star in 'Poor Things,' premiering at the 2023 Venice Film Festival.

Pecinta film di seluruh dunia telah menanti Venice Film Festival 2023 yang berlangsung mulai 30 Agustus hingga 9 September di Lido, Italia. Beberapa sutradara besar sudah bersiap menayangkan karya terbaru mereka untuk pertama kalinya di festival film tahunan ini. 

Selama satu dekade terakhir, Venice Film Festival menjadi tempat penayangan pertama film-film yang meraih penghargaan pada ajang academy award. Film-film tersebut antara lain Birdman, Spotlight, La La Land, The Shape of Water, Roma, A Star Is Born, Joker, Nomadland, Dune, The Banshees of Inisherin , dan Tár semua melepaskan ikatannya di sana.

Meskipun bintang film di Lido tahun ini berkurang karena adanya pemogokan SAG-AFTRA yang sedang berlangsung, daftar-daftar film pada Venice Film Festival 2023 terlihat menjanjikan. Terdapat film dari sutradara seperti Michael Mann, Sofia Coppola, Yorgos Lanthimos, Richard Linklater, dan Harmony Korine hingga adaptasi film pendek Wes Anderson dari The Wonderful Story of Henry Sugar karya Roald Dahl. Berikut lima film yang tayang di Festival Film Venesia 2023.


‘The Killer’

Film ini menandai reuni antara sutradara David Fincher dan penulis skenario Seven-nya Andrew Kevin Walker. Film adaptasi novel grafis dari Prancis ini berpusat pada seorang pembunuh dengan julukan The Killer (diperankan oleh Michael Fassbender) yang menjadi sasaran perburuan keliling dunia setelah gagal melaksanakan tugas. Selain Michael Fasbender ada juga aktor lain seperti Arliss Howard, Charles Parnell, dan Tilda Swinton. Sementara itu untuk skor filmnya akan dikerjakan oleh Trent Reznor dan Atticus Ross. Film ini akan dirilis 27 Oktober di bioskop dan 10 November di Netflix.


‘Ferrari’

Adam Driver sekali lagi akan berperan sebagai pria Italia dalam film panjang pertama sutrada Michael Mann sejak Blackhat. Dalam film ini, Driver akan berperan sebagai pembalap Formula 1, Enzo Ferrari, yang sedang mengalami kesulitan pada tahun 1957. Dengan perusahaannya di ambang kebangkrutan dan pernikahannya dengan istrinya Laura (Penélope Cruz) berantakan, ia menentang rintangan dan memulai perjalanan 1.000- perlombaan mil melintasi Italia. Film ini juga akan dibintangi oleh Shailene Woodley, Sarah Gadon, Jack O’Connell, dan Patrick Dempsey. Film ini direncakan tayang di bioskop pada 25 Desember.


‘Priscilla’

Tahun kemarin kita telah menyaksikan film Elvis karya Baz Luhrmann, tapi film karya Sofia Coppola selalu layak ditunggu-tunggu. Selain itu tidak ada filmmaker yang mampu menampilkan ketidak sempurnaan seorang pria melalui mata seorang wanita. Film ini menceritakan kehidupan Pricilla Presley (diperankan oleh Cailee Spaeny) bersama Elvis Presley (Jacob Elordi). Priscilla direncakan akan rilis di bioskop pada 27 Oktober 2023 dan pertama kali diputar di Venice Film Festival


‘Maestro’

Terlepas dari kontroversi hidung palsu yang berlebihan, film biografi tentang komposer legendaris Leonard Bernstein (Bradley Cooper) dan istrinya, aktris dan aktivis Felicia Montealegre (Carey Mulligan) menjadi film yang layak untuk ditonton. Karena ini juga merupakan film panjang kedua Bradley Cooper sebagai sutradara setelah debutnya di A Star Is Born. Film itu juga tayang perdana di Venice Film Festival. Film ini juga akan dibintangi oleh Matt Bomer, Maya Hawke, Sarah Silverman, dan Michael Urie. Film ini rencanya akan dirilis di bioskop pada 22 November dan Netflix 20 Desember.


‘Poor Things

Kolabroasi terakhir Yorgos Lanthimos (The Lobster) dan Emma Stone adalah dalam film The Favourite yang dirilis pada tahun 2018. Film tersebut menggemparkan Venice Film Festival dan hampir mendpatkan $100 juta di box office dengan 9 nominasi Oscar. Lanthimos juga berkolaborasi kembali dengan penulis Tony McNamara kreator series The Great yang ditayangkan di Hulu. Film ini menceritakan perjalanan Bella Baxter (Stone), seorang wanita yang dihidupkan kembali oleh seorang ilmuwan (Willem Dafoe). Film ini akan dibintangi Mark Ruffalo, Ramy Youssef, Jerrod Carmichael, Christopher Abbott, dan Margaret Qualley bergabung. Rencananya film ini akan tayang di bioskop pada 8 Desember.

Latest Article