Dune 2 Ditunda Hingga Tahun 2024

Zendaya dan Timothe Chalamet di trailer Dune 2
Zendaya dan Timothe Chalamet di trailer Dune 2

Dune 2 resmi ditunda. Film garapan Dennis Villeneuve itu awalnya dijadwalkan tayang pada 3 November 2023. Namun studio Warner Bros mengubah jadwalnya menjadi 15 Maret 2024.

Keputusan ini diambil dikarenakan beberapa studio besar Hollywood mengalami kebuntuan mengenai kontrak kerja selama terjadi pemogokan SAG Strike. SAG Strike ini tidak hanya melarang para aktor untuk bekerja tapi juga mempromosikan proyek terbarunya. Warner Bros. dan Legendary Entertainment, dua studio dibalik film Dune 2, memilih untuk menunda perilisan film tersebut daripada tanpa adanya promosi dari para bintangnya seperti  Zendaya, Timothée Chalamet, and Florence Pugh.

Keputusan studio untuk menunda perilisan Dune 2 di tahun 2024 menandakan bahwa SAG Strike tidak akan berakhir dalam waktu dekat. Dilansir dari Variety, Warner Bros. juga mempertimbangkan untuk menunda film lainnya. Seperti The Color Purple dan Aquaman and the Lost Kingdom, meskipun begitu film tersebut akan tetap tayang pada Desember nanti.

Sony juga memutuskan untuk menunda perilisan beberapa filmnya, seperti Kraven the Hunter dan sekuel Ghostbuster: Afterlife; Spider man: Beyond the Spider-Verse, sekuel ketiga dari animasi Spiderman: into the Spider-Verse, yang direncanakan akan rilis pada tahun depan.

Sejak pertengahan Juli 2023, SAG-AFTRA berhenti bekerja setelah kontrak mereka berakhir dan pembicaraan terhenti dengan Alliance of Motion Picture and Television Producers (AMPTP) yang mewakili perusahaan streaming seperti Disney, Netflix, Amazon, dan lainnya.

SAG-AFTRA dan WGA menuntut kenaikan gaji dan royalti di era perfilman yang lebih mengandalkan layanan streaming. Mereka juga menuntut jaminan bahwa pekerjaan mereka tidak akan digantikan oleh kecerdasan buatan dalam waktu dekat.

Latest Article