Rain Mendapatkan Black Ocean di KCON LA 2023

Rain dapat black ocean di KCON LA 2023. (Koreaboo)
Rain dapat black ocean di KCON LA 2023. (Koreaboo)

Festival musik KCON LA 2023 yang diadakan di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), baru saja berakhir. Salah satu musisi yang tampil yaitu Rain yang mendapatkan black ocean dari penonton. Black ocean ini menjadi wujud protes dari pencinta musik Korea terhadap Jung Jihoon. 

Dilansir Korea Boo, Selasa (22/8), Rain yang juga merupakan CEO RAIN Company, dianggap memainkan peran besar dalam debut Ciipher, grup K-pop pertama label tersebut. Penggemar grup Ciipher kecewa ketika dia diumumkan tampil di KCON LA 2023. Pasalnya, dia sering disebut sebagai alasan utama kurangnya promosi grup setelah partisipasi anggota dalam acara survival.

Penggemar percaya, Ciipher bukan satu-satunya grup di mana Rain harus bertanggung jawab atas nasib buruk yang menimpa mereka. Hal ini membuat penonton KCON LA 2023 mengusulkan black ocean untuk Rain. Black ocean adalah sebuah protes dimana peserta acara mematikan lightstick mereka selama pertunjukan.

Di industri K-pop bukan hanya Rain saja yang mendapatkan black ocean. Mereka yang pernah mendapat black ocean di antaranya BTS, Girls’ Generation, Seventeen, Lovelyz, dan T-ARA. BTS bahkan pernah mendapatkan dua kali black ocean.

Mereka pertama kali mengalami black ocean yang terkenal di Golden Disk Awards 2016. Pada saat itu, dengan meningkatnya popularitas BTS, black ocean diduga dimulai sebagai perang penggemar pembalasan dengan penggemar grup EXO, dengan kedua belah pihak saling menyalahkan. Perang penggemar berlanjut di Melon Music Awards 2016, di mana BTS sekali lagi tampil di depan black ocean yang hanya diterangi oleh light stick penggemarnya.

Latest Article