Bank Indonesia Luncurkan Fitur Baru QRIS

Illustrasi QRIS (Bank Indonesia)
Illustrasi QRIS (Bank Indonesia)

Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Indonesia yang ke – 78, Bank Indonesia meluncurkan fitur baru pada sistem pembayaran QRIS. Tidak hanya melakukan pembayaran, nantinya sistem baru yang disebut QRIS TUNTAS tersebut dapat digunakan untuk tarik tunai, transfer, dan setor tunai. Fitur tersebut rencananya akan dapat digunakan secepatnya pada tanggal 1 September dan selambat-lambatnya pada 30 November tahun ini.

Ketika menggunakan layanan tersebut, pengguna akan dikenakan biaya untuk sekali transaksi. Tidak hanya itu, setelah  QRIS sukses bekerja sama dengan Thailand dan MalaysiA, kini Bank Indonesia juga menambahkan kerjasama dengan Singapura. Uji coba ini telah dilakukan bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus kemarin.

Inisiatif ini merupakan komitmen Bank Indonesia mengembangkan inovasi fitur QRIS berkelanjutan sebagai bagian dari implementasi Blueprint Sistem Pembayaran (BSPI) 2025. Hal ini untuk mengakselerasi inklusi ekonomi dan keuangan digital, sekaligus mendukung stabilitas dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Adapun untuk cara menggunakan fitur QRIS TUNTAS, pengguna nanti dapat memindai menggunakan aplikasi pembayaran secara terinterkoneksi antar Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) Bank dan Lembaga Selain Bank yang dapat memfasilitasi sumber dana baik simpanan bank maupun uang elektronik server-based.

Latest Article